Sejarah Sumur Zam-Zam

Air zam-zam adalah air yang suci yang di ciptakan oleh Allah SWT, dan dapat di nikmati oleh umat islam diseluruh penjuru dunia. Air zam-zam merupakan air yang terbaik di seluruh permukaan bumi. air zam-zam sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu, ketika itu masih berupa gurun yang tandus dan gersang serta tak berpenghuni. Berawal dari kisah istri Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar dan putrnya Nabi Ismail AS, mereka menjalankan perintah Allah untuk bermukin di gurun Sahara.

Pada suatu ketika Allah SWT, menyuruh Nabi Ibrahim AS untuk melakukan perjalanan dalam rangka menjalankan perintah Allah. Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan putranya Ismail dengan waktu yang cukup lama, hingga makanan dan minuman Siti Hajar dan putranya Islmail pun habis, sapai asi Siti Hajar pun kering. Lalu, siti hajar mencari air dengan berlari-lari dari safah ke marwah sebanyak 7 kali pulang-pergi, sembari memohon pertolongan kepada Allah SWT. Kemudian, Allah SWT dengan kekuasaannya meberi perintah kepada malaikat jibril agar menghentakkan kedua kaki Ismail kebumi, maka atas izin nya Allah keluarlah air yang tidak mau behenti, dengan panik Siti Hajar pun mengatakan zam-zam (berkumpul) atas izin Allah air itu pun membentuk suatu genangan sampai hari kiamat, air itu pun disebut air zam-zam.

Dari pertama air zam-zam itu keluar hingga menjelang kiamat tidak akan pernah kering atas kehendak Allah SWT. Kita tahu udah berapa banyak orang yang pergi haji dan umroh, air zam-zam tak pernah habis bahkan sampai sekarang, bahkan seperti tak pernah berkurang. Para ulama mengatakan, seandainya ketika keluarnya air zam-zam itu, Siti Hajar tidak menyuruh air itu berkumpul atau mengucapkan zam-zam maka kota mekkah sudah pasti tergenang oleh air zam-zam. Wallahu’alam.

Setelah pergi menjalankan perintah Allah untuk waktu yang cukup lama Nabi ibrahim AS kembali, beliau AS langsung bersujud kepada Allah SWT, kemudian Ibrahim AS, membangun kembali baitullah (ka’bah) dengan meninggikannya yang di bantu oleh putranya Ismail. Selanjutnya menjadi tempat beribadah kepada Allah SWT, dan menjadi tempat yang wajib di datangi oleh seluruh umnat islam yang menjalankan ibadah haji dan umroh.

Kemudian, air zam-zam menjadi tanggung jawab abdul Muthalib, agar penduduk sekitar mekkah dapat mengambilnya untuk kebutuhan sehari-hari. Semenjak itu, air zam-zam memberikan banyak sekali mamfaat bagi penduduk mekkah. Atas pertolongan dan kasih sayang Allah SWT, air zam-zam memberikan banyak berkah bagi penduduk di mekkah dan dapat di nikmati oleh seluruh umat islam di segala penjuru dunia.

Biasanya bagi para jamaah haji dan umroh, dalm menunaikan ibadah haji dan umroh. Di setiap travel umroh yang menjadi perantara dalam keberangkatannya. Dalam paket-paket umroh yang diberikan telah di beritahukan setiap orang jamaah akan mendapatkan air zamzam sesuai dengan kebijakan para agen travel umroh. misalnya paket umroh 2017 dan paket-paket lainnya

Akhirnya, semoga Allah Swt, memperkenankan kita semua untuk melihat bagaimana bentuk nyata dari sumur air zam-zam tersebut dalam rangka menjakankan ibadah haji dan umroh. amiin
© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger